-->

Kebun teh di sumatera utara. Kebun teh sidamanik atau bah butong

Horas selamat datang di pematang siantar. Sebelum kita mendapatkan tempat wisata yang terkenal di dunia kita harus singgah dulu di perkebunan teh siantar ini kebun teh sidamanik namanya persinggahan para wisatawan sebelum melanjutkan perjalanan ke Danau Toba. Ya, meskipun hanyalah sebuah kota persinggahan, tetapi kota ini juga mempunyai beberapa objek wisata menarik yang dapat Anda kunjungi.
Objek wisata tersebut mungkin tidak sepopuler objek wisata yang terdapat Danau Toba, tetapi memiliki eksotika tersendiri yang tak kalah menariknya dengan objek wisata Danau Toba yang hanya berjarak beberapa kilometer saja dari kota ini.
Bahkan uniknya, walaupun tidak sepopuler Danau Toba tetapi objek wisata di kota Pematang Siantar juga banyak menarik perhatian para wisatawan, khususnya wisatawan yang akan melanjutkan perjalanan ke Danau Toba. Karena memang beberapa objek wisata tersebut berada di sekitar jalur Pematang Siantar - Danau Toba.
Ya, berbicara tentang objek wisata di Pematang Siantar menuju ke arah Danau Toba, memang ada beberapa objek wisata yang dapat kita jumpai. Salah satu objek wisata tersebut adalah Kebun Teh Sidamanik. Kebun Teh Sidamanik, pernahkah Anda mendengar nama objek wisata yang satu ini ? Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Danau Toba tepatnya ke arah Tanjung Unta, Anda pasti tak asing lagi objek wisata yang satu ini karena letaknya tepat di jalur lintasan antara kota Pematang Siantar dengan Danau Toba.
Kebun Teh Sidamanik ini merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi oleh masyarakat maupun wisatawan karena terbilang sangat menarik, bahkan Kebun Teh Sidamanik ini menjadi salah satu alternatif wisata masyarakat kota Pematang Siantar pada hari libur ataupun pada waktu luang.
Hamparan hijaunya kebun-kebun teh tersebut memang begitu menarik perhatian siapapun yang melintas di sekitar jalur, sehingga tak jarang setiap pengendara yang melintasi jalur tersebut pasti terlebih dahulu menyempatkan singgah untuk menikmati panorama ataupun sekedar berfoto-foto ria di tengah areal perkebunan.
Kebun Teh Sidamanik sendiri merupakan sebuah areal perkebunan milik instansi pemerintah PTPN IV - Kota Medan, yang ‘tidak sengaja’ menjadi objek wisata di Sumatera Utara. Padahal dahulunya, areal perkebunan ini sama sekali bukan lokasi wisata namun karena eksotikanya yang sangat indah dan menarik apalagi wisatawan yang selalu singgah ke areal perkebunan ini sebelum melanjutkan perjalanan, maka Kebun Teh Sidamanik ini dibuka menjadi salah satu objek wisata di Sumatera Utara.
Terletak di Kecamatan Sidamanik, yang merupakan salah satu wilayah dataran tinggi di Sumatera Utara, kabarnya Kebun Teh Sidamanik ini adalah areal perkebunan teh terluas di Pulau Sumatera, bahkan kebun teh ini sendiri telah ada sejak masa pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia.
Sehingga dalam perkembangannya, Kebun Teh Sidamanik ini termasuk ke dalam objek wisata alam yang mempunyai sejarah panjang, apalagi jika ditinjau dari segi historisnya dimana dahulunya kebun teh ini pernah juga dikelola oleh pihak kolonial Belanda sebelum di serahkan sepenuhnya kepada pemerintah Indonesia hingga kini berada di bawah instansi pemerintah yang bernama PTPN IV.
Kebun Teh Sidamanik, atau yang biasa disebut masyarakat sebagai Kebun Teh Bah Butong ini merupakan salah satu dari beberapa areal perkebunan teh milik PTPN IV - Kota medan.
Yang banyak di singgahhi orang untuk rehat dan berfoto foto.

No comments