-->

Danau buatan di tanjung gading. Complek pt inalum.

Jalan jalan hari libur ke tempat pak cik. Di simpang kebun kopi di dekat mau masuk ke pt inalum, kebetulan pak cik saya mantan kariyawan pt tersebut.
Saya dan anak saya main main mau lihat danau buatan, yang di buat semasa inalum mau di banggun. Di tanjung gading namanya.
Tanjung Gading terletak di Kecamatan Sei Suka,Kabupaten Batubara,Sumatera Utara,105km ke timur dari medan tempat tinggal saya. Melihat danau buatan yang indah ini membuat kita segar kembali dan hilang rasa steres.


Alam yang sangat sejuk dan melihat lapangan golf yang sangat hijau.
Tanjung Gading adalah perumahan yang diperuntukan untuk keluarga dari karyawan PT. Indonesia Asahan Aluminium (PT INALUM) yang sekarang sudah menjadi BUMN. semoga saja setelah diambil pemerintah semakin maju.
Perumahan Tanjung Gading terletak 17km dari Pablik PT INALUM. Why? karena batas aman/sehat untuk terhindar dari radiasi Pabrik adalah 15km dan ini sudah di desain oleh Jepang saat ingin membangun pabrik. Karyawan PT INALUM pergi dan pulang pabrik di antar jemput dengan Bus karyawan yang berjumah lebih dari 30 unit.
Halte-halte bus berada di depan setiap Blok-blok perumahan yang mempermudah menaik-turunkan karyawan. Dan ini merupakan desain peninggalan Jepang yang memang cukup memenuhi standart internasional.
Banyak sekali fasilitas yang disediakan oleh PT INALUM untuk karyawannya yang tingggal di perumahan Tanjung Gading antara lain Tempat Ibadah,Rumah sakit,Danau Buatan,Lapangan Golf,Gedung Olahraga,Kantor Pos,TK/SD/SMP/SMA,Kolam renang,Kantor Telkom,Lapangan Sepak Bola,dan lain-lain.
Listrik perumahan diberikan gratis dan cuma-cuma karena PT INALUM mempunyai PLTA sendiri yaitu PLTA Sigura-gura di Danau Toba yang di prioritaskan untuk perusahaan ini. Selain itu Air PAM juga gratis karena Tanjung Gading memiliki pengolahan air bersih sendiri yg berasal dari DAM/bendungan sungai sekitar perumahan.
Pepohonan rindang menghiasi seluruh sudut perumahan ini. Kesan damai dan tenang sangat terasa di dalamnya. Dan perlu anda ketahui bahwa perumahan Tanjung Gading merupakan perumahan terbesar di Sumatera Utara, pada saat itu.
Sekarang, PT INALUM sudah menjadi BUMN.. Siapapun bisa bekerja disini dan wages yang ditawarkan sangat menarik dan yang pastinya mensejahterakan keluarga karyawan perusahaan nya.
Memang terbukti kariyawan yang sudah pensiun sepeti pakci saya sekarang sudah mempunyai rumah sendiri, dan kebun sawit bahkan anak anaknya tamat kuliah.
Dan sekarang mempunyai usaha kecil kecilan, mebuka kios di masa pensiunnya saat ini.
Danau buatan. Tanjung gading inalum
Gapura pintu masuk complek inalum
Diatas jembatan danau tanjung gading

No comments