-->

Lemang bambu dan lemang batok. Cirihas oleh oleh dari tebing tinggi

Lemang batok, atau lemang bambu cirihas pangan, atau oleh oleh dari kotaTebing Tinggi, yang terletak sekitar 82km dari medan ini merupakan tipikal kota perlintasan Sumatera Utara. Sekilas jalan lintas kota Tebing Tinggi akan terlihat seperti ketupat. Telusuri saja mulai dari Simpang Beo, tempat maskot burung beo berada. Kota tempat maskot burung beo berada ini terkenal karena oleh-oleh khasnya yang berupa lemang.
Lemang yang sudah masak
Siap di santap

Lemang buatan Tebing Tinggi sudah terjamin kelezatannya. Ingin tau dimana tempat mendapatkan lemang? Maka berhentilah di Mesjid Raya Tebing Tinggi, lalui saja jalan K.H. Ahmad Dahlan. Jalan yang berada tepat di depan mesjid Raya Tebing Tinggi ini lebih dikenal dengan sebutan Chong Api. Disana, anda akan melihat jejeran stan penjual lemang. Lemang-lemang itu terlihat begitu menggoda. Aromanya menguar kemana-mana. Rasanya gurih dan manis. Akan lebih enak lagi jika memakan lemang dengan teman.
Selai adalah teman paling pas buat memakan lemang ini. Anda bisa mendapatkan selai dengan berbagai rasa, tergantung pada selera saja. variasi selai sudah lebih banyak.

 Pilihannya bisa saja dengan srikaya atau selai rasa kacang atau bahkan selai buah-buahan. Durian, merupakan selai yang banyak dipilih.
Bahan utama pembuatan lemang ternyata sederhana saja: Pulut. Selain pulut, bahan lainnya adalah santan. Pulut yang digunakan dalam pembuatan lemang ini ada dua jenis, pulut hitam dan pulut putih. Pembuatan lemang sendiri tergolong mudah. Cukup masukkan pulut yang sudah direndam air kedalam potongan bambu yang sudah di lapisi oleh daun pisang muda. Isi sampai bambu hampir penuh lalu tambahkan santan kedalamnya. Kemudian potongan bambu yang sudah di isi pulut dan santan itu dijejerkan disekitar api yang sudah membara. Setelah dibiarkan terpanggang sampai kering maka lemang sudah dapat dinikmati.
Proses memasak lemang
Dengan cara di panggang

Tidak hanya bahan utamanya saja yang bervariasi, ternyata harga lemang pun bervariasi pula mulai dari Rp 20.000,- sampai Rp. 25.000,- per batangnya. Nah, selain lemang ternyata ada oleh-oleh lain yang juga terkenal dari kota Tebing Tinggi. Kue kacang namanya. Lezat rasanya, enak dinikmati kapan saja. Tekstur kuenya yang lembut merupakan khas kue kacang Tebing Tinggi. Kue kacang ini terbuat dari tepung roti dan tentu saja kacang. Jangan heran jika anda tidak akan mendapatkan kacang dalam bentuk aslinya didalam kue kacang, karena kacang yang merupakan isi dari kue kacang ini sudah dihaluskan terlebih dahulu.
Pohon bambu. Sebagai wadah untuk
Memasak lemang

Kacang yang digunakan pun bermacam-macam. Ada kacang hijau, kacang merah, dan ada juga kacang hitam. Bentuknya yang seperti lingkaran, kecil, dan agak pipih ini benar-benar praktis buat dimakan kapan saja. Cocok pula bila ditemani cemilan yang lain.

No comments