-->

Belanda negara kincir air. Terong belanda bermanfaat buat kesehatan tubuh

Khasiat terong belanda
Terong belanda atau yang lebih familiar disebuat sebagai buah terong ini banyak dimanfaatkan untuk menu makanan kesehatan. Bahkan tidak jarang disuguhkan dalam bentuk minuman jus atau lainnya.
Berikut manfaat terong belanda untuk perawatan kesehatan tubuh, antara lain :

1. Menjaga fungsi mata
Terong belanda kaya kandungan provitamin A yang bermanfaat untuk menjaga agar fungsi mata tetap bekerja optimal. Vitamin A memiliki peranan penting dalam indera penglihatan, yakni membentuk sebuah proyeksi gambar pada otak manusia yang bersumber dari sinyal molekul yang diperoleh retina mata.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Vitamin yang ada pada terong belanda ini (Vit.A) memiliki peran signifikan dalam hal melakukan pencegahan infeksi dari adanya organisme asing. Cara kerja yang dilakukan Vit.A adalah dengan meningkatkan fungsi tugas dari sel darah putih sehingga lebih “tahan” terhadap berbagai bentuk zat racun.

3. Menangkal efek radikal bebas
Vitamin A dalam betuk Beta-karoten merupakan zat aktif yang memiliki peran sebagai antioksidan. Yakni, untuk menangkal, mencegah atau mengatasi berbagai dampak buruk reaksi oksidasi dalam tubuh manusia yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti polutan sebagai penyebab eksternal maupun stress oksidatif sebagai penyebab internal.

4. Cegah pertumbuhan sel kanker
Tidak hanya untuk mengantisipasi efek radikal bebas, senyawa antioksidan (jenis antosianin, golongan flavonoid) juga memiliki peran untuk menekan laju pertumbuhan sel kanker utamanya pada jaringan kulit. Itu artinya, terong belanda ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengantisipasi berbagai bentuk gejala kerusakan materi genetik yang tampak dengan ciri penuaan kulit lebih dini (aging).

5. Mengatasi panas dalam
Buah terong belanda memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sehingga dapat dimanfaatkan pula untuk mengatasi berbagai gejala panas dalam beserta efek yang menyertainya seperti sariawan, tenggorokan sakit, badan terasa mudah lelah, bibir kering dan pecah-pecah hingga masalah yang tidak disadari, yaitu masalah bau nafas.

6. Mengatasi sembelit (susah BAB)
Selain kaya vitamin dan sumber zat antioksidan alami, terong belanda merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh. Jumlah serat tinggi di dalamnya sangat penting dan bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan organ pencernaan seperti sembelit (susah buang air besar), hingga meringankan keluhan wasir (ambeien).
Manfaat terong untuk ibu hamil
Khasiat dan manfaat terong untuk ibu hamil setidaknya sama dengan khasiat yang disebut diatas. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

No comments