-->

Makanan sehat saat, bersantap sahur bersama keluarga

Menu sehat saat, bersantap sahur di subuh hari, bersama keluarga ataupun kerabat kerabat dekat kita, di saat bulan suci ramadhan.

1. Asupan Cairan yang Cukup
Saat melakukan santap sahur, pastikan Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi meski puasa seharian. Caranya bangun sahur lebih awal dan meminum air mineral sebanyak 1 gelas. Kemudian makan sahur pada akhir waktu lalu minum satu gelas air lagi. Bisa air mineral atau jus. Bersantap sahur dengan aneka sup atau makanan berkuah juga bisa jadi solusi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. (Baca: Manfaat Air Putih).

2. Karbohidrat Kompleks dan Serat
Saat sahur, konsumsi makanan yang dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama. Dalam hal ini adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks serta makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Makanan tinggi serat dapat mengatur pelepasan energi secara perlahan. Nasi merah dan roti gandum adalah contoh yang cukup bagus. (Baca: Makanan Sumber Karbohidrat Tinggi.

3. Komposisi Nutrisi
Saat membuat menu makan sahur, sebaiknya Anda juga harus memperhatikan komposisi nutrisinya. Usahakan mengandung 4 sehat 5 sempurna. Dimana santap sahur harus memenuhi semua vitamin, mineral dan zat gizi lainnya. Jadi selain nasi, sayuran, juga harus ada daging atau penggantinya seperti tahu, tempe dan juga susu atau buah-buahan sebagai pelengkap.

4. Utamakan buah dan Sayuran
Selain karbohidrat kompleks, yang patut dijadikan menu utama adalah sayuran dan buah-buahan. Resep masakan seperti tumis sayuran, sup sayuran dan sejenisnya sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu buah-buahan juga sangat penting untuk dikonsumsi saat sahur. Baik berupa buah utuh maupun dibuat jus atau smoothies. Semoga bisa bermanfaat bagi yang menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan ini aminnnnn.

No comments