-->

Pemandian air panas. Pariban sedebu debu. Tanah karo

Kawasan desa Sidebuk-debuk sangat terkenal sebagai destinasi wisata pemandian alam air panas. Lokasinya tepat dibawah kaki Gunung Sibayak. Karena berasal dari Gunung Merapi Sibayak, pemandian air panas ini sudah pasti berbau belerang. Walau berbau belerang tidak membuat orang malas untuk berendam di air panas ini.
 Malah banyak yang bilang belerang tersebut sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Foto by.erwin

Ada beberapa pemandian air panas yang berada di Sidebuk-debuk, namun yang cukup luas dan fasilitasnya lengkap yaitu Pemandian Air Panas Pariban.Lokasinya emang sedikit menanjak lagi dari pemandian air panas lainnya. Gerbang masuk pemandian Pariban hanya cukup untuk 1 mobil, untuk bus berukuran besar terpaksa parkir diluar gerbang.
Foto. Erwin suheri

Biaya masuk pemandian alam air panas pariban yaitu Rp 10.000,-/orang. Setelah masuk, tentunya kalian akan mencari sebuak pondok untuk duduk dan meletakkan tas. Nah, harga pondok disini yaitu sekitar 50-100 ribu. Infonya sih, pondok tersebut hanya boleh ditempati selama 7 jam. Lebih dari itu kita harus membayar lagi. 

Setelah mendapat pondok, terserah deh mau ngapain. Mau langsung berendam di air panas, atau mau memilih untuk makan dulu. Nah, untuk makanan kalian bebas membawa dari rumah. Sukanya dengan tempat ini, kebersihannya sangat terjaga. Ada petugas kebersihan yang selalu memantau. Juga disediakan banyak tempat sampah. Sehingga pengunjung diharapkan membuang sampah pada tempatnya

Ada beberapa kolam pemandian di Pariban ini. Tingkat panasnya juga berbeda. Ada yang hangat hingga cukup panas. Jadi bisa disesuaikan dengan ketahanan tubuh kalian nih. Khususnya anak-anak bisa memilih kolam yang tidak terlalu panas tentunya. 

No comments