-->

Bandara silangit di tapanuli utara (sumut )

Setelah bandara kuala namu di deli serdang kita punya bandara kren satu lagi yaitu.
Bandara silangit ini bisa mendarat pesawat Garuda Indonesia, melakukan penerbangan perdana ke Tanah Batak memakai pesawat tipe CRJ-1000 berkapasitas 96 penumpang. Rute penerbangan ialah Jakarta-Silangit-Sibolga. Maskapai Garuda Indonesia dijadwalkan tiba di bandara Tanah Batak, Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada pukul 10.50 WIB.
Bandara silangit ini adalah bandara andalan sumatera utara.

Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero) telah siap menyambut (keberangkatan dan kedatangan) pengguna jasa udara.
Terdapat area parkir yang bisa mengakomodir para pengantar dan penjemput. Setelah tiba, pengguna jasa udara bisa masuk area keberangkatan, dengan terlebih dahulu melalui prosessecurity check point. Di sini petugas Aviation Security Bandara Silangit meminta pengguna jasa untuk melalui alat pemeriksaan, termasuk barang.
Selanjutnya, penumpang bisa melakukan proses check in. Di sini, terdapat 3 maskapai yang siap melayani proses check ini. Maskapai tersebut ialah Wings Air, Susi Air dan Garuda Indonesia.

"Sekarang maskapai yang operasi ada Wings Air, Susi dan Garuda. Susi seminggu 3 kali, jadwalnya Selasa, Kamis, Jumat untuk rute Kualanamu-Silangit. Kemudian Wings Air rute Batam-Silangit dengan jadwal Rabu, Jumat dan Minggu. Kemudian Garuda rute Jakarta-Silangit-Sibolga dengan waktu Selasa, Jumat, Minggu," kata Public Relation Manager AP II, Herul Anwar di Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Selasa (22/3/2016).
Setelah proses check in, penumpang kembali melalui proses security check point agar bisa masuk ke area boarding lounge atau ruang tunggu keberangkatan.
Meski berada di daerah pinggiran Sumatera Utara, AP II merancangboarding lounge sangat nyaman. Di sini terdapat fasilitas toilet bersih dengan suasana dan desain khas budaya Batak.

Bagi umat Muslim, penyedia bandara menyediakan Mushola. Selain itu, terdapat ruang tunggu dengan kursi empuk. Bagi penumpang tertentu, mereka bisa menikmati fasilitas VIP Lounge.
Terminal penumpang saat ini memiliki luas 500 m2 dengan kapasitas penumpang 65.000 orang per tahun.
Memasuki area air side atau sisi udara, di sini terdapat area apron atau parkir pesawat yang bisa menampung 3 pesawat sekaligus tipe ATR 72 namun pesawat Boeing 737-500 sudah bisa mendarat di sini.
Menjadi suatu kebanggaan di tanah batak.
Foto. By. Erwin

No comments