-->

UNIVERSITAS TERTUA DI LUAR PULAU JAWA (UISU) SUMUT

Suatu kebangaan bagi masyarakat sumatera utara yang mempunyai perguruan/universitsas tertua di luar pulau jawa.
Inilah orang orang yang merintis uisu tesebut. (alm) H. Bahrum Djamil, SH, (alm) H. Rivai Abdul Manaf Nasution, (alm) Drs. Sabaruddin Ahmad, (alm) H.Adnan Benawi dan Sariani AS untuk membangun suatu Perguruan Tinggi Islam sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka mengisi kemerdekaan.  Dengan niat dan tekad yang tulus dan tawakkal kepada Allah SWT, maka  pada tanggal  7 Januari 1952 didirikan Perguruan Tinggi Islam Indonesia (PTII). Cikal bakal mahasiswa pertama adalah tamatan Akademik Islam Indonesia (setara dengan lulusan III SMA Bagian A).  Dalam waktu yang tidak lama kemudian  dirubah menjadi Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) seperti sekarang ini. Fakultas yang pertama didirikan adalah.
Fakultas Hukum yang  pembukaannya dihadiri oleh K.H.Wahid Hasyim sebagai Menteri Agama RI saat itu.  Dalam  sejarahnya  yang panjang, UISU dengan sumbangsih dan kerjasama para generasi penerus pembangunan UISU, dan bantuan dari berbagai pihak, UISU terus berkembang dan saat ini  telah mengasuh 9 Fakultas, dengan 27 Program Studi S1, dan 2 Program Pascasarjana. Almuni yang telah di hasilkan mencapai 2o.ooo lebih orang lebih yang tersebar di berbagai tempat dan lapangan pekerjaan serta jabatan-jabatan strategis baik dalam maupun luar negeri.
Dengan  memohon rahmat  dari Allah SWT, UISU dalam menjalani sejarahnya ke depan akan tetap isti’qamah, terus berbenah diri, dan berusaha untuk memberikan dan menjadi  yang terbaik untuk membangun ummat menjadi yang terbaik (khairah ummah).  Bangunan Kampus Al-Munawwarah Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Medan, Jl. SM. Raja Teladan Medan telah berdiri sejak tahun 1953, dimulai dengan pembangunan gedung Yayasan yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh M. NAtsir dan H. Bahrum Jamil, tepatnya pada tanggal 30 November.  Pada awal berdirinya, masyarakat sangat menyambut baik pendirian Universitas ini (masih bernama Perguruan Tinggi Islam Indonesia) terlebih lagi oleh Pemerintah karena pada saat itu, Negara sangat membutuhkan generasi-generasi intelektual guna meneruskan/melanjutkan perjuangan Kemerdekaan yang dicetuskan pada tanggal 17 Agustus 1945.
 
Setelah pembangunan tersebut, gedung-gedung lainnya kemudian didirikan, baik yang berada dikampus Al-Munawwarah (Kampus Induk) maupun Kampus Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran. Saat ini, bukti sejarah pembangunan Kampus UISU masih dapat dilihat dari Prasasti yang ada disetiap gedung yang telah didirikan, meskipun ada sebagain gedung yang telah di pugar atau diperbaharui.  Dengan didirikannya UISU pada tahun 1952 (PTII) maka UISU merupakan Universitas tertua di luar pulau Jawa. Kejayaan UISU ditunjukkan dengan banyaknya pemuda-pemuda Indonesia yang mendaftar menjadi mahasiswa di Universitas ini. kebutuhan akan pentingnya pendidikan pada masa itu, membuat UISU menjadi salah satu pusat peradaban pendidikan yang ada di pulau Sumatera. Tidak hanya pemuda dari Indonesia, pada warga asing juga banyak yang mendaftarkan diri untuk kuliah di kampus UISU.  Meskipun saat ini Kampus UISU sedang berada dalam kondisi yang kurang stabil dikarenakan konflik internal yang terjadi di lingkungan UISU, setidaknya prasasti-prasasti yang ada di lingkungan Kampus UISU dapat mengingatkan kita bahwa UISU didirikan dengan landasan pemikiran yang Islami,  UISU adalah milik umat sebab hampir disetiap prasasti disebutkan bahwa pembangunan gedung-gedung kampus UISU adalah hasil dari bantuan yang disumbangkan oleh masyarakat.

Dengan kata lain, UISU bukanlah milik segelintir orang atau beberapa rekanan, tapi milik ummat Islam.  Perlu digaris bawahi bahwa konflik yang terjadi di tubuh UISU bukanlah konflik sebagian kelompok pemilik Kampus UISU, melainkan adalah pengelola UISU.
Dan jangan ragu ragu daptarkanlah putera puteri ada. Ke universitas tertua di luar pulau jawa ini.
Uisu jln sm raja. Medan

No comments