-->

Cerita singkat terjadinya danau toba dan pulau samosir di sumatera utara

Inilah cerita singkat terjadinya danau toba.
Di Sumatera Utara tepatnya di sebuah Desa, hidup seorang petani yang memiliki nama Toba. Hidupnya hanya menyendiri di lembah yang begitu subur dan juga landai. Ia mengerjakan semua pekerjaannya sebagai petani untuk menghidupi dirinya sendiri,
Selain ia bekerja di ladang, iapun suka pergi ke sungai yang tak jauh dari rumahnya untuk memancing. Setiap ia memancing sangat mudah ia dapatkan ikannya karena memang ikan disungai itu sangat banyak juga airnya sangat jernih. Ikan hasil pancingannya ia masak untuk dirinya.
Ketika sore tiba, iapun pergi lagi ke sungai untuk memancing ikan, namun setelahnya ia memancing cukup lama, tak satupun ikan yang ia dapatkan. Sang petanipun merasa heran karena baru kali pertamanya ia susah mendapatkan ikan. Karena sudah lama menunggu, Tobapun merasa kesal dan memutuskan untuk berhenti memancing. Namun ketika ia menarik pancinngannya, dengan tidak terduga ikanpun menyambar pancingan tersebut. Lalu hatinyapun yang tadinya kesal menjadi gembira karena ia merasa ikan yang menyambar pancingannya itu merupakan ikan yang sangat besar.
Setelah begitu lama pancingannya itu di bawa kesana kemari ooleh ikan tersebut, barulah ia hentakkan pancingannya yang akhirnya seekor ikan yang besarpun tampak olehnya. Dengan cepat Tobapun menarik ikannya ke darat supaya tidak terlepas lagi. Ketika ia melepaskan ikan tersebut, ikannya memandang Toba dengan begitu seksama dan juga penuh arti.
Setelah ikannya itu diletakkan di satu tempat, iapun lansgung mandi di sungai, iapun sangat gembira karena mendapatkan ikan yang begitu besar. Sesekali ia tersenyum karena membayangkan betapa lezatnya ikan itu jika di bakar nanti. Setelah mandi iapun langsung pulang ke rumah.
Tobapun langsung membawa ikan ke dapur untuk di panggang, namun ketika hendak membawa kayu ternyata kayunya itu habis, dan Tobaun keluar untuk mengambil kayu di bawah kolong rumahnya dan setelah ia mengambil beberapa potong kayu, iapun langsung masuk lai ke dapur.
Namun ketika ia membuka tempat ikannya, ternyata ikan itu sudah tidak ada, dan Tobapun sangat terkejut. Dan ketika ia mengingat ketika di sungai terdapat beberapa keeping emas dekat tempat ikan itu. Karena Toba merasa aneh, akhirnya tobapun masuk kedalam kamar.
Namun ketika ia membuka pintu kamarnya, iapun sangat terkejut karena di dalam kamarnya itu berdiri seorang wanita yang memiliki rambut rambut. Wanita itu menghadap ke cermin sembari menyisir rambutnya. Tak lama kemudian, wanita itupun langsung membalikan badannya dan juga memandang Toba yang sedang bingung. Namun seketika Tobapun terpesona melihat kecantikan wwanita tersebut, karena meskipun sudah mengembara ke berbagai negeri Toba belum pernah melihat wanita secantik itu.
Karena haripun sudah malam, wanita itupun meminta kepada Toba supaya lampunya dinyalakan, lalu wanita itu mengajak Toba ke dapur untuk memasak nasi untuk mereka makan. Sambil mereka menunggu nasi masak, wanita itupun menceritakan bahwa dirinya itu merupakan jelmaan dari ikan besar yang ia tangkap tadi dari sungai, dan kepingan emas itu juga merupakan sisik dari tubuhnya.
Hari-haripun mereka lalui. Setelahnya beberapa minggu Tobapun ingin melamar Wanita itu, dan dia menerima lamarannya namun dengan satu syarat, Toba harus bersumpah kalau dia tidak akan mengungkit asal usul istrinya yang merupakan jelmaan dari seekor ikan. Tobapun bersumpah dan dan mereka menikahlah
Setelah setahun kemduian, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Samosir.
Inilah cerita singkat tentang danau toba.
Danau toba

No comments