-->

Odong odong, mesin giling padi yang sangat simpel

Di era moderen saat manusia banyak meciptakan alat alat, pertanian seperti mesin giling padi, yang bisa berjalan seperti mobil  yaitu odong odong namanya.
Yang dibutuhkan oleh manusia terkhusus bagi para petani.
Karena mesin ini berfungsi untuk mengupas kulit padi menjadi beras yang merupakan bahan makanan pokok bagi penduduk masyarakat indonesia.
Inilah para warga, yang hendak
Menggilikan padi mereka

beras adalah salah satu bahan pokok orang indonesia.
Dahulu padi ini di tumbuk dengan lumpang, untuk menjadikan padi tersebut menjadi beras. Dengan kemajuan jaman para petani untuk menghasilkan beras telah, tersebut dipermudah dengan munculnya kilang-kilang padi oleh pengusaha-pengusaha. Kilang padi yaitu suatu mesin yang berfungsi untuk mengupas padi menjadi beras.
Tetapi kilang padi yang dipunyai oleh pengusaha-pengusaha tersebut hanya bisa memberikan jasa penggilingan diposisi dimana kilang tersebut berada.
Seorang opetator memasukan padi
Ke mesin odong odong

Jadi, jika seorang petani yang berada jauh jarak rumah dengan kilang tersebut, akan mengalami kesulitan untuk menjadikan padi tersebut menjadi beras.
Dengan kemajuan tehnologi sekarang munculah sebuah mesin odong-odong penggiling padi. Mesin ini sebetulnya hanya memadukan dari berbagai jenis mesin, kemudian dirancang dan dirakit sedemikian rupa, sehingga mesin ini bisa mengunjungi para petani yang hendak menjadikan padinya menjadi beras dengan istilah pucuk dicinta ulampun tiba, Keuntungan lainnya dari mesin ini bahan bakarnya irit dan perawatan relatif murah,
Mesin giling padi simpel
Odong odong

selain harga membuatnya tidak terlalu mahal berkisar Rp 70juta - Rp 110 juta.
Kata si pemilik mesin odong odong tersebut, tergantung dari kwalitas mesin yang digunakan. Dan salah satu keuntungan lainnya adalah limbah yang dihasilkan hampir tidak ada karena kulit padi di produksi langsung menjadi dedak dan dedak tersebut biasa dipergunakan, para petani dan manfaatkan sebagai bahan makanan untuk ternak baik bebek (itik), ayam, dan angsa sampai sekarang sayapun tidak tahu siapa yang merancang mesin ini.
Odong odong giling padi

Dan biyaya sangat murah apa bila kita hendak menggilingkan padi kita kepada pemilik mesin odong odong tersebut.
Dan upah yang harus kita bayar hanya. 0,8pesen saja, dari hasil yang sudah diproduksi, padi setelah menjadi beras. Itupun mereka semua yang mengerjakannya.
Dan mesin ini saya pernah melihatnya di daerah, perbaungan desa melati. Kabupaten sergai.

No comments